Kota Batu, Wisata Agro dan Jatim Park   1 comment

Laporan Perjalanan ODTW Jateng-Jatim-Jogja (hari-2)

Setelah sarapan pagi di Gn. Kawi, kami pun melanjutkan perjalanan. Kali ini kota Batu Malang tujuan kami, kota pegunungan yang terkenal sebagai penghasil apel. Yang lebih menarik dari kota ini adalah, perkebunan apel itu dijadikan objek wisata, wisata agro namanya. Selain apel pengusaha wisata ini juga memvariasikannya dengan kebun lain seperti strowbery, jeruk, bunga, buah naga dan lain-lain.

Namun sayang sekali, perkebunan apel milik Kusuma Wisata Agro yang kami kunjungi sedang gagal panen. Buahnya kecil-kecil dan banyak yang rusak. Sebagai gantinya, kami diarahkan ke kebun jeruk yang ada di lokasi yang sama. Tidak terlalu tinggi pohon-pohon jeruk yang tumbuh di kebun itu, tapi buahnya cukup banyak. Dan masing-masing kami mendapat jatah 2 buah jeruk boleh metik sendiri. Karena jenis jeruk yang ditanam adalah jeruk peras, kami tidak bisa langsung mengupasnya dengan tangan, tapi harus dengan bantuan petugas yang siap memotong-motongkannya buat pengunjung.

Usai memetik dan mencicipi jeruk yang manis, kami diajak untuk menikmati jus strowbery. Satu orang dapat 1 gelas. Kenyang benar rasanya perut kami, karena sebelumnya ketika baru masuk di pintu gerbang juga disodori jus apel.

Jatim Park I

Puas berkeliling di lokasi wisata agro, kami pun turun untuk makan siang di sebuah restoran kelinci yang cukup besar. Nah, di sini keajaiban terlihat. “Ada apa ini,anak-anak langsung naik dan duduk rapi di bis tidak beberapa lama setelah makan selesai? Nggak seperti biasanya.Tidak ada satu pun dari mereka yang terlamat atau lelet.”, Pikir saya. Setelah tahu alasannya baru saya tertawa. Ternyata mereka sudah nggak sabar mengunjungi objek wisata berikutnya. Sebegitu menarik kah? Pastinya menarik, karena objek berikutnya adalah sebuah wahana bermain untuk anak-anak dan remaja, Jatim Park I.

Jatim Park I (taman belajar dan rekreasi) merupakan objek wisata yang memadukan secara serasi konsep pendidikan (Education) dan konsep pariwisata (Tourism) dalam satu ruang dan satu waktu. Menurut Mas Birin, yang merupakan salah satu konseptor dan penah 3 tahun berkecimpung di taman ini, Jatim Park ini disetting untuk keluarga. Diharapkan selama sehari penuh dari jam 8 sampai jam 4 sore keluarga-keluarga yang hadir akan menghabiskan waktu bersama di taman ini.

Taman ini menyediakan tempat belajar yang mengasyikkan tentang khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi (Biologi/ Kimia / Matematika / Fisika), dengan kelengkapan alat peraga ilmu terapan (Indoor & Outdoor) yang diantaranya didukung oleh PLN, Telkom, Rimba Raya dan sejumlah Universitas Terkemuka (Negeri maupun Swasta) di Jawa Timur. Di sini para pengunjung juga dapat memperdalam wawasan tentang ragam budaya bangsa dengan keberadaan Galeri Etnik Nusantara dan Anjungan Jawa Timur. Selain untuk belajar, taman ini juga dilengkapi dengan sarana bermain yang beragam. Selain itu tersedia pula fasilitas pendukung berupa outlet Makanan, Minuman, Pasar Wisata, Pasar Buah, Pasar Sayur.

Sebagai mantan pengelola taman ini Mas Birin ternyata masih cukup dikenal oleh para petugas. Karena kedatangan kami sudah agak kesorean, sebagian wahana sudah bersiap-siap tutup. Tapi Mas Birin maksa untuk dibuka lagi, dan mereka pun patuh. Jadilah sebagian wahana hanya milik kami.

Bersambung ke:

Posted Jumat, 16 Juli 2010 by FAS in budaya, Jalan-jalan, Pendidikan, Sejarah

One response to “Kota Batu, Wisata Agro dan Jatim Park

Subscribe to comments with RSS.